Mendidik Anak agar Mandiri sejak Usia Dini

Hampir semua orang tua berharap anaknya mandiri. Tapi kemandirian anak bukanlah terbentuk tiba-tiba. Kemandirian pada anak perlu dilatih sejak dini. Kemandirian anak bisa dilatih mulai dari hal-hal kecil dan kebutuhan dirinya. 

Mandiri diartikan mampu melakukan hal-hal yang dibutuhkan sendiri. Anak yang mandiri akan lebih bisa beradaptasi dengan mudah di lingkungannya. Anak yang mandiri juga akan tumbuh cenderung mampu menyelesaikan masalahnya dengan baik.

Selain itu anak mandiri juga tidak terlalu tergantung dengan orang tua dan tidak akan manja. Anak yang dapat mandiri, tumbuh dengan rasa percaya diri yang lebih tinggi, solutif, memiliki rasa tanggungjawab yang baik, dan juga tidak merepotkan orang tua. 

Melatih anak untuk mandiri bisa dimulai saat usia 2 hingga 6 tahun. Berikut cara cara mendidik anak agar mandiri:

1. Melatih anak buang air di toilet. 
Mengajarkan BAK dan BAB di toilet bisa dimulai sejak anak usia sekitar 3 tahun. Hal ini mungkin sulit, namun harus dibiasakan. Ajarkan anak untuk menahan BAK atau BAB sampai dengan ke toilet. Kemudian ajarkan anak menggunakan WC atau alat yang ada di toilet. Kebiasaan ini dilakukan tidak hanya di rumah, namun juga usahakan ketika berada di luar rumah. 

2. Mengajari anak mandi sendiri. 
Ajarkan mereka untuk menggosok badan. Ajarkan menyikat gigi, cara menyiram badan, dll. 

3. Memberikan tugas untuk membersihkan dan menyimpan mainannya. 
Mengajarkan anak untuk bertanggungjawab pada mainannya. Ajarkan anak untuk membersihkan mainannya sendiri dan tempat menyimpan mainan. Biasakan anak untuk menaruh mainannya dalam satu box penyimpanan dan membersihkan mainannya setelah selesai bermain. Hal ini juga mencegah mainan bercecera dan membuat rumah tidak rapi.

4. Mengajari untuk berpakaian sendiri
Ajarkan anak untuk memakai bajunya sendiri untuk melatih kemandirian. Berikan penjelasan singkat dan mudah dipahami anak sebelumnya, lalu perhatikan anak saat mempraktekkannya. Berikan sedikit bantuan apabila anak masih kesulitan melakukannya sendiri. Mulailah dengan mengajarkan memakai baju baru kemudian celana.

5. Mengajari anak memakai sepatu
Ajarkan anak memakai dan memilih sepatu yang ingin digunakan. Ajarkan bagaimana cara menalikan sepatu dan memakai sepatu. Beri kesempatan anak untuk mendemonstrasiikannya sendiri dan beri sedikit bantuan apabila anak masih kesulitan. Jangan lupa berikan pujian terhadap usahanya. Pada anak usia dibawah lima tahun, mungkin sebaiknya menggunakan sepatu dengan tali perekat agar lebih mudah.

Syafa Day Care Tanah Baru
Membiasakan Anak Berakhlak Islami Sejak Dini
Bukit Mampang Residence Limo Depok
CP. 0838.1324.0255 (WA)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anak Sholeh, Penyejuk Hati Penggugah Jiwa

Syafa Day Care Islamic Full Day School, Mendidik Anak sejak Dini

Senantiasa Mengajak Kepada Kebaikan